PT Len Industri Luncurkan 2D Air Surveillance Radar

Ada kabar yang membuat bangga datang dari Bumi Priangan, pasalnya BUMN Strategis PT Len Industri (Persero), pada Rabu siang (31/10), telah meluncurkan sistem radar terbaru buatan dalam negeri. Tidak tanggung-tanggung, radar yang dimaksud dari jenis 2D Air Surveillance Radar yang digadang untuk memenuhi kebutuhan militer.

Dengan dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil, 2D Air Surveillance Radar diperkenalkan dalam platform trailer roda empat. Seperti dikutip dari Humas PT Len Industri, disebutkan radar ini mempunyai peran untuk mendeteksi jarak, kecepatan, dan arah sasaran di udara.

Len Surveillance Radar ini beroperasi di frekuensi S-band dengan teknologi transceiver solid state. Untuk jarak deteksi sasaran bisa mencapai maksimum 200 km. Guna mendukung kebutuhan berbagai gelaran operasi, sistem radar ini dapat didistribusikan ke elemen lain, seperti platform darat (ground based) atau platform laut (shipborne platform)

Mengantisipasi gangguan akibat jamming dari lawan, radar buatan Anak Bangsa ini dilengkapi pula dengan fitur ECCM – Electronic counter-countermeasures (frequency agility). Seperti halnya standar pada radar militer, juga telah tersedia fitur IFF (Identification Friend or Foe) untuk mengenali identitas pesawat lawan atau lawan. IFF disebutkan berada dalam pilihan mode 1, 2, 3/A, C dan 4.

Kesuksesam peluncuran radar 2D, menjadi milestone bagi PT Len Industri untu mengembangkan 3D Air Surveillance Radar. Selama ini Kohanudnas (Komando Pertahanan Udara Nasional) dan elemen Arhanud telah mengadopsi radar 2D, namun masih berupa produk buatan luar negeri.

sumber: https://www.indomiliter.com/pt-len-industri-luncurkan-2d-air-surveillance-radar/#more-67635

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *