NASA Bawa Dua Eksperimen Pelajar Indonesia ke Luar Angkasa

1947_840x576

Arah –   Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengapresiasi prestasi siswa Indonesia yang hasil risetnya diberdayakan Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) untuk mempelajari luar angkasa.

“Mereka adalah anak-anak muda yang membanggakan. Ini bukti bahwa Indonesia memiliki kaum muda yang bervisi kelas dunia,” kata Menpora melalui keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat, kepada Antara.

Dua perangkat eksperimen siswa Indonesia dibawa pesawat tanpa awak NASA pada Rabu (23/3), penelitian pertama dari tim siswa SMA Unggul Del di Laguboti, Sumatera Utara, mempelajari pertumbuhan ragi di luar angkasa.

Sementara eksperimen kedua mempelajari pertumbuhan padi di luar angkasa yang merupakan penelitian tim siswa gabungan beberapa SMA di Jakarta, Bandung, dan Jayapura.

Menpora menjelaskan kedua eksperimen pemuda dan pemudi Indonesia tersebut, kembali membuktikan banyaknya bakat dari dalam negeri yang dapat menciptakan inovasi dan kreativitas di bebagai bidang, hingga kemudian kualitasnya diakui masyarakat internasional.
“Jangan sampai para siswa dan siswi potensial Indonesia diambil oleh negara lain. Sudah banyak contoh pemuda-pemuda terbaik kita justru bekerja dan menetap di luar negeri karena berbagai faktor. Ini harus menjadi perhatian kita bersama, bagaimana kemampuan pemuda-pemuda terbaik Indonesa bisa diarahkan untuk berbakti dan membangun Tanah Air-nya,” kata Imam Nahrawi menambahkan.

Menpora juga berharap, di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) saat ini, pemuda-pemuda Indonesia dapat terus mengembangkan diri menghadapi persaingan di Asia Tenggara maupun global.

Terutama di bidang-bidang yang membutuhkan keahlian khusus dan berdampak pada kehidupan masyarakat, layaknya penelitian, pengembangan IPTEK, serta kewirausahaan, tuturnya.

 

sumber: arah.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>