[Kilas Balik] 10 Prestasi anak bangsa yang diraih sepanjang tahun 2015

Brilio.netSepanjang tahun 2015 banyak sekali prestasi yang diraih anak bangsa. Nggak tanggung-tanggung, mereka menyabet berbagai gelar dan membawa nama baik Indonesia di kancah internasional.

Kamu mau tahu apa saja? Yuk, simak 10 prestasi anak bangsa sepanjang tahun 2015 yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber..
1. Battle of Surabaya

MSV Pictures bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta memproduksi film animasi keren berjudul Battle Of Surabaya. Sebanyak 180 animator Indonesia terlibat dalam film yang mendapat sokongan dana dari Disney tersebut. Kalian sudah nonton kan?
2. Juara lomba robotik internasional

Namanya Salman Trisnadi Wajrasena dan masih duduk di kelas 1 SD Prestasi Global, Jalan Palem I nomor 1 Mampang Indah, Rangkapan Jaya, Kota Depok, Jawa Barat. Di usianya yang masih sangat muda, ia menjuarai lomba robotic internasional di Korea Selatan yang diselenggarakan pada 5-9 Agustus 2015.
3. 11 Medali olimpiade karate internasional

Dalam kejuaraan karate tingkat internasional, The 29th Coupe International De Kayle, di Luxemburg, putra dan putri bangsa membawa pulang prestasi membanggakan untuk Indonesia. Indonesia meraih 11 medali yakni empat medali emas, dua medali perak, dan lima medali perunggu dalam kompetisi tersebut.
4. Tim paduan suara anak Indonesia raih prestasi tingkat internasional

Kelompok paduan suara ‘the Resonanz Children Choir’ yang diikuti 48 anak berusia sembilan tahun ke atas ini berkompetisi di empat kategori untuk ajang The Golden Gate International Choral Festival 2015. Kategori tersebut adalah lagu daerah, historis, gospel, dan kontemporer. Kerennya, mereka berhasil meraih dua juara pertama untuk kategori lagu daerah dan historis, juara dua di kategori gospel, dan juara tiga untuk kategori kontemporer.

5. Dua emas dalam ajang IJSO 2015 di Korea Selatan

12 perwakilan pelajar SMP berhasil mengukir prestasi pada Olimpiade Sains Junior atau International Junior Science Olympiad (IJSO) ke-12  yang digelar di Daegu, Korea Selatan pada 2 – 11 Desember 2015 . Dua medali emas, delapan medali perak dan dua medali perunggu berhasil dicapai anak-anak kebanggaan Indonesia tersebut.
6. Emas untuk kejuaraan catur internasional

Tiga medali emas diraih tim pelajar SMP yang turut dalam event kejuaraan catur yang digelar di Penang, Malaysia pada 7-12 Desember 2015. Tiga medali emas tersebut masing-masing disabet Muhammad Khairul Umam sebagai juara 1 kategori Champion, Syiffa Akiyya Sari kategori the Best 14 tahun dan Evi Yuli Ana kategori the Best Lady‎.
7. Medali emas olimpiade astronomi dan astrofisika internasional

Joandy Leonata Pratama, siswa SMA Sutomo 1, Medan, Sumatera Utara berhasil menjadi pemenang dalam Olimpiade Internasional Astronomi dan Astrofisika atau International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015. Dari seluruh peraih medali emas, ia berada di peringkat pertama dengan nilai tertinggi.
8. Meraih medali emas untuk ajang IFAC ke-16 di Jepang

Ilham Faizal Rahman berhasil meraih medali emas untuk karya desain poster yang diberi judul ‘It’s Beautiful’ dalam ajang International Foundation  for Arts and Culture (IFAC) pada Juni 2015 lalu.

9. Empat medali dari olimpiade internasional biologi

Tim Olimpiade Biologi Indonesia yang terdiri dari empat siswa SMA menyabet satu medali emas, dua medali perak dan satu medali perunggu dalam ajang kompetisi International Biology Olympiad (IBO) ke-26 yang berlangsung di Aarhus, Denmark. Empat siswa itu adalah Maria Patricia Inggriani, Valdi Ven Japranata, Hana Fauzyyah Hanifin, dan Nagita Gianty Annisa.
10. Juara tiga ajang Miss World 2015

Maria Harfanti, Miss Indonesia yang berasal dari Yogyakarta berhasil menjadi jura tiga di ajang Miss World 2015 yang diselenggarakan di Sanya, China.

Dan tentunya masih banyak lagi prestasi keren anak bangsa sepanjang tahun 2015 yang belum atau tidak sempat terekspos media. Silakan jika ada yang mau menambahkan

 

sumber: brilio.net

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>