Pindad Produksi Eskavator

image

Di tengah derasnya serbuan produk asing di Indonesia, tidak lantas membuat masyarakatnya terlena. Masih ada kebanggaan yang dipamerkan anak negeri melalui produk asli buatan dalam negeri.

Seperti dilakukan PT Pindad, yang memproduksi alat berat eskavator bernama Excava200. Produksi ini merupakan permintaan dari Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Ini menunjukkan kita mampu membuat eskavator seperti negara lain,” kata Direktur Utama PT Pindad Silmy Karim di Bandung, Sabtu (27/6).

image

Adapun warna yang ditampilkan pada Excava200 ini, merah dan putih. Menurut Silmy, itu menunjukkan bahwa produk eskavator asli Tanah Air.

Silmy menuturkan, pembuatan eskavator juga seiring dengan ambisi pemerintah yang tengah gencar menggarap proyek infrastruktur. Pihaknya sesumbar bahwa produknya ini mampu bersaing dengan merek ternama lainnya, seperti Kobelco dan Caterpilar.

image

“Kami sudah biasa membuat crane atau produk lain. Malah kata karyawan kami, membuat eskavator lebih mudah,” ungkapnya.

Eskavator buatan anak negeri ini bakal mulai diproduksi pada 2016. Adapun harga yang ditawarkan nantinya berkisar USD 90.000 atau setara Rp 1,1 miliar sampai USD 110.000 atau Rp 1,46 miliar dengan kurs Rp 13.332 per USD. “Harganya kami bersaing dengan yang lain,” terangnya.

sumber: Merdeka.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.